PSPP, Tiruan SPSS Berbasis Open-Source

Logo PSPP. Sumber: wikipedia.org

Ketika saya mencoba untuk menjalani bisnis ini, satu hal yang paling penting adalah adanya software analisis data yang mumpuni untuk membantu klien menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan analisis statistik. Hal pertama yang terpikir oleh saya adalah software SPSS.
Software SPSS adalah software pengolahan dan analisis data yang dibuat oleh IBM. SPSS terkenal sebagai salah satu software komersil berbayar karena kemampuannya yang sangat baik dalam melakukan pengolahan dan analisis data juga kepraktisannya. Apalagi, SPSS memiliki banyak fasilitas tambahan seperti AMOS dan lain sebagainya.  Bisa dibilang SPSS adalah software yang serba bisa. Bahkan SPSS bisa dipakai oleh mereka yang tidak bisa atau tidak mengenal teori statistik.
Namun, dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh SPSS, tentu diikuti oleh harganya yang sangat mahal. versi terbaru dari SPSS bisa seharga puluhan juta rupiah, bahkan dibanding beli satu software SPSS mending dipakai untuk membeli 5 motor biar bisa jadi juragan ojek Senyum dengan mulut terbuka hehehe…. Saya bisa saja menggunakan SPSS versi trial, namun penggunaannya terbatas dan cenderung merepotkan jika tiap bulan sekali saya mesti install terus. Nah karena hambatan tersebut, saya tidak mungkin bisa menjalankan usaha konsultan statistika dengan software tersebut, apalagi menggunakan software bajakan untuk menjalankan bisnis, hasilnya bisa tidak barokah alias tidak halal Senyum. Maka dari itu saya harus mencari alternatif SPSS dan bertemulah saya dengan software berbasis open-source yang mirip dengan SPSS yaitu PSPP.
PSPP1
Gambar 1. Tampilan PSPP
PSPP adalah software untuk melakukan analisis data berlisensi GNU, alias, ini software gratis. Secara fungsional, PSPP sangat mirip dengan SPSS. Di PSPP kita dapat melakukan perhitungan layaknya di SPSS seperti Descriptive Statistics. Compare Means, Bivariate Corellation, Regression, dan lainnya.
PSPP2
Gambar 2. Tab Analyze pada PSPP
Bahkan cara melakukan input data dapat dilakukan dengan cara yang sangat mirip dengan SPSS.
PSPP3
Gambar 3. Tampilan Variable View pada PSPP
Walaupun begitu, PSPP memang tidak mempunyai semua fasilitas yang dapat ditemukan di SPSS. PSPP belum memiliki fasilitas tambahan seperti Direct Marketing, Graphs, beberapa add-ons seperti AMOS, Statistics Server, Modeler, dan lain sebagainya. Tapi sebagai software open-source , ia memiliki kemampuan yang mumpuni untuk melakukan analisis data statistik.
Bagi yang ingin mencoba software PSPP, anda bisa men-download program tersebut disini.

2 komentar:

  1. gan boleh tanya ngga, saya uudah download software pspp nih, tapi kenapa ngga bisa terbuka ya, katanya to find a version fo your pc, check with the software publisher

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah mendapat masalah seperti itu, tapi jika nggak bisa dibuka karena masalah versi mungkin PSPP yang diinstall tidak sesuai dengan versi OS nya, misalnya agan pake windows 7 32 bit, tapi yang diinstall PSPP yang 64 bit, maka jelas aja gak bisa dipake

      Hapus

Pages