Mengenai Konsultasi Statistika dan Mengapa Anda Membutuhkannya

Sumber:ichemepresident.files.wordpress.com/

Statistika merupakan aplikasi dari matematika dalam mengumpulkan, menganalisis dan mempresentasikan data. Sebagai konsultan statistika, kami membantu klien dalam menerapkan pengetahuan matematika dan statistika untuk merancang survey dan eksperimen, membantu dalam mengkoleksi, memproses, dan menganalisis data, serta melakukan penyimpulan pada hasil yang diperoleh. Konsultan statistika dapat menerapkan berbagai metode statistika dalam berbagai bidang yang berbeda seperti ekonomi, sains(fisika, kimia, biologi), kedokteran, ilmu teknik, psikologi, manajemen dan bisnis, pendidikan bahkan olahraga dan sastra.

Menurut George E.P. Box (1978) dkk dalam buku yang berjudul Statistics for Experimenters mengatakan bahwa “It is possible for a scientist to conduct an investigation without statistics .... However, a good scientist becomes much better one if he uses statistical methods.”. Bahkan, jika data yang diperoleh bebas sama sekali dari kesalahan/bias, akan sangat sulit untuk memahami sistem yang sedemikian kompleks tanpa analisis dan pemahaman data yang baik. Yates dan Healy (1964) dalam tulisan ilmiah berjudul “How Should We Reform the Teaching of Statistics?” menuliskan bahwa “It is depressing to find how much good biological work is in danger of being wasted through incompetent and misleading analysis of numerical results”. Pada kenyataannya kejadian seperti yang dijelaskan Yates dan Healy tidak hanya terjadi pada biologi. Banyak riset yang ditolak oleh reviewer jurnal ilmiah dikarenakan analisis dan interpretasi data yang buruk. Tidak hanya di tataran akademik, hal ini juga berlaku di dunia bisnis. Banyak analisis yang dilakukan oleh perusahaan, seperti peramalan bisnis dan riset pasar, memperoleh hasil yang meleset dikarenakan pemahaman akan analisis data yang keliru atau menggunakan metode yang tidak tepat.

Segala permasalahan di atas tentunya dapat diselesaikan dengan mengkonsultasikan masalah pengolahan, analisis dan interpretasi data kepada seorang konsultan statistika. Dengan adanya konsultasi statistika akan membantu anda dalam menyelesaikan beberapa permasalahan seperti:

1. Bagaimana dan metode apa yang tepat dalam memperoleh sampel;

2. Bagaimana cara memperkecil tingkat kesalahan dalam memutuskan hipotesis;

3. Bagaimana cara menginterpretasikan dan merepresentasikan data;

4. Bagaimana cara mengekstraksi pengetahuan dari sekumpulan data;

5. Bagaimana cara membuat keputusan yang tepat berdasarkan hasil analisis data (data-driven decision)

Dan masih banyak lagi.

Memang tidak semua masalah memerlukan statistika sebagai alat bantu, namun dengan menggunakan statistika, dan bantuan dari seorang konsultan, maka solusi yang dihasilkan pun menjadi lebih rigor dan terukur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages